Apa itu E-Learning? Pengertian, Kelebihan, Manfaat & Contohnya

Apa itu E-Learning? Pengertian, Kelebihan, Manfaat & Contohnya

Bagi para pelajar dan mahasiswa, e-learning adalah suatu makna yang udah terlalu familiar tentunya. Bagaimana tidak, sejak COVID-19 merebak, e-learning menjadi tidak benar satu pembelajaran jarak jauh yang banyak digunakan oleh berbagai sekolah dan kampus.

Bahkan pemerintah sendiri mendukung hadirnya e-learning sebagai sebuah wujud layanan pendidikan di jaman teknologi 4.0. Untuk itu, yuk langsung kami bahas bersama dengan apa itu e-learning dalam artikel berikut!

Apa itu e-learning? E-learning UINSU
E-learning adalah metode pembelajaran non konvensional di mana murid dan juga guru pakai alat elektronik layaknya laptop dan komputer dalam pelaksanaannya.

Model e-learning tidak cuma bisa diterapkan pada pendidikan formal saja, tetapi juga non formal layaknya di instansi bimbingan belajar atau tempat kursus. Model e-learning yang mengandalkan internet ini bisa berbentuk kursus online, sekolah online atau seminar online.

Selain itu, e-learning adalah style pembelajaran yang fleksibel bersama dengan pakai format materi berbentuk pdf, video streaming atau audio.

Komponen pembentuk e-learning
E-learning adalah style pembelajaran yang terstruktur bersama dengan lebih dari satu komponen pembentuk sebagai berikut.

1. Infrastruktur e-learning
Infrastruktur e-learning adalah seluruh layanan yang melingkupi proses pembelajaran layaknya internet, laptop atau komputer, audio, multimedia, dan lain-lain.

2. Konten e-learning
Konten atau bahan pembelajaran dalam style e-learning adalah tempat berbasis teks, audio atau audio-visual. Manfaat e-learning bisa dimaksimalkan bersama dengan pakai begitu banyak ragam style konten tersebut.

3. Sistem dan aplikasi e-learning
Sistem dan aplikasi e-learning adalah perihal yang penting gara-gara ia berfungsi sebagai tempat dalam pembelajaran virtual. Aplikasi e-learning bisa di sajikan oleh pihak ketiga atau pihak penyelenggara proses pembelajaran layaknya sekolah atau instansi pelatihan.

4. Pengguna e-learning
Komponen yang juga tak kalah penting dalam e-learning adalah pengguna yang ingin meng-upgrade kemampuannya di bidang tertentu.

Baca juga: 4 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Semua Pelajar
Manfaat e-learning
Setelah mempelajari pengertian e-learning, maka seterusnya kamu juga kudu jelas lebih dari satu faedah e-learning, Sob.

1. Mengakomodasi mobilitas tinggi
Pertama, faedah e-learning adalah memudahkan kamu bergabung kelas, pertemuan, maupun webinar di mana saja. Sehingga ini terlalu mendukung bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi.

2. Efisiensi biaya
Salah satu faedah e-learning adalah mengurangi dana yang dianggarkan untuk pendidikan. Dengan adanya proses pembelajaran online, kamu bisa memangkas biaya transportasi, duwit jajan, dan lebih dari satu biaya lain yang bisa saja kudu dikeluarkan sementara pembelajaran konvensional.

3. Tanpa batas ruang
Pernahkah kamu ingin bergabung pada suatu forum belajar tetapi terkendala wilayah yang jauh? Nah, kamu tidak dapat mendapatkan hambatan semacam ini jika pilih style e-learning sebagai alternatif aktivitas pembelajaran.

Standarisasi pengajaran
Selain lebih dari satu faedah e-learning di atas, style e-learning juga memungkinkan adanya standarisasi pengajaran, yang bermakna setiap materi pembelajaran udah diseragamkan dan sesuai bersama dengan kebutuhan siswa pada tiap tingkatan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *